Filosofi Kopi Jogja, Tempat Nongkrong Asyik Di Jogja!

Buat kamu yang sudah pernah nonton film rilisan tahun 2015 berjudul filosofi kopi, pasti sudah gak asing lagi sama tempat nongkrong yang satu ini. Yup! Filosofi Kopi Jogja, Sebuah kedai yang berdiri bersamaan dengan munculnya film Filosofi Kopi yang diadaptasi dari novel Dewi Lestari.

Kedai ini memiliki nuansa yang sangat unik, bagaimana tidak? bar dan beberapa meja tempat ngopi berada di dalam sebuah joglo, sehingga membuatnya memiliki suasana jawa yang kental. di depan joglo juga terdapat area ngopi terbuka, sangat pas sekali untuk menikmati kopi di sore hari bersama teman, keluarga atau si dia ea eaa...

filosofi kopi jogja - joglo area ngopi terbuka

Filosofi Kopi Jogja terdiri dari beberapa bagian. Ada bagian luar yaitu di taman dengan kursi meja santai dan lampu-lampu, lalu ada bagian coffee bar yang di depannya tersedia lesehan, dan terakhir terdapat beberapa ruangan semi terbuka yang adem untuk duduk sambil ngopi santai. Semua ruangan tanpa mesin pendingin. Terbuka dengan pendingin alami yang sejuk nan asri. Sangkin asri dan damainya saya masih suka mendengar suara jangkring sayup-sayup dari kejauhan. Persis sekali seperti ngopi di desa.

Untuk kamu para muslim dan muslimah yang ingin menunaikan ibadah shalat, kedai ini juga menyediakan musholla. Jadi tidak perlu lagi keluar untuk mencari tempat ibadah.

Lokasi dan Menu Filosofi Kopi Jogja

Lokasi kedai ini berada di Jalan Pandawa, Ngaglik, Sleman, Jogja. kurang lebih 8 km dari arah utara Tugu Jogja. Kalau dari bandara Adi Sutjipto perjalanan membutuhkan waktu sekitar 23 menit, sedangkan dari Malioboro sekitar 25 menit.

Bertempat di pelosok Sleman, kedai kopi ini menawarkan suasana pedesaan yang khas dengan banyak pepohonan dan bangunan rumah joglo dari kayu, sangat berbeda dengan kedai kopi kebanyakan yang berada di pusat keramaian kota. Meskipun begitu, barista dan peralatan kopi nya terlihat modern, dengan open bar di dalam joglo yang dapat terlihat baik dari area outdoor maupun dalam joglo

Kedai kopi ini terletak di jalan buntu menuju kuburan, bila kita berdiri di depan kedainya, kita akan melihat dengan jelas gerbang kuburan di ujung jalan, heuheuheuheu, tapi tenang aja, nongkrong sore di kedai kopi ini terasa sangat syahdu, karena menghadap ke arah barat, jadi bisa sambil menikmati senja, dimana matahari terlihat malu malu terbenam di balik pepohonan.

menu filosofi kopi jogja

Sesampai di kedai kopi, kamu bisa langsung melihat menu filosofi kopi jogja yang tertera di dekat tempat kasir dengan gaya desain yang khas terbuat dari bahan kaca yang tembus pandang.

Kedai Filosofi Kopi Jogja memiliki banyak variasi menu yang bisa kamu pilih. Untuk kopinya sendiri, kedai ini menyediakan kopi tiwus, kopi lestari, dan perfecto, espresso, cappuccino, caffe latte, macchiato, dan lainnya. Selain kopi, kedai ini juga menyediakan teh. Agar lebih nikmat, kamu bisa memesan snack seperti Kue, french fries, lumpia, atau risoles yang bisa kamu pilih sesuai selera atau budget, hehehe…

Harga menu di kedai ini bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 30.000-an. cukup murah kan?

Harus kamu ketahui Filosofi Kopi Jogja tidak menyediakan makanan berat. Mereka hanya menyediakan aneka menu kopi baik filter coffee maupun espresso dan camilan saja seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Jadi kalau mau ke sini sebaiknya isi dulu perut kamu dengan makanan berat biar nyaman ngopi-ngopi serunya. Sambil menyeruput kopi yang hampir tandas, saya rasanya senang ada konsep kedai kopi terbuka dan berada di bangunan tradisional begini. Seketika berangan-angan jika ada rumah adat lain yang juga diberdayakan jadi kedai kopi.

Jadi menurut saya Filosofi Kopi Jogja ini adalah tempat nongkrong yang sangat layak disinggahi. Kalau bisa datanglah pada saat hari biasa agar lebih sepi dan suara-suara alam dari taman yang asri bisa diresapi sambil meneguk secangkir kopi. Selamat menikmati 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *